Minggu, 03 Maret 2013

Tips Sukses SNMPTN

Tips Sukses SNMPTN



Tips Sukses SNMPTN:: Tips Sukses SNMPTN
Author: yudha
Published: Apr 16th, 2012
Category: Tips anak Sekolahan
tips sukses SNMPTN
Siapkah menhadapi SNMPTN ? apa ya tolok ukur kesiapanku?

Seringkali pertanyaan seperti diatas berkecamuk dihatiku beberapa bulan menjelang berhadapan face to face dengan SNMPTN , bagaikan lebah yang diganggu sarangnya oleh beruang madu , pertanyaan-pertanyaan tersebut hilir mudik , mendengung tak karuan dipikiranku.
Aku sempat termenung , dan bertanya dalam hati , apakah semua yang kupelajari diSMA , cukup membuatku tegap bersaing dengan siswa lain dalam memperebutkan bangku-bangku pendidikan dinegeri ini.
Sobat, aku yakin, sebagian besar dari sobat diluar sana merasakan hal yang sama seperti yang pernah kurasakan waktu itu. Berdasarkan pengalamanku, yang baru sekali mengikuti SNMPTN, aku berusaha menyimpulkan beberapa aspek yang mungkin bisa dijadikan tolok ukur kesiapan sobat dalam menghadapi SNMPTN.
Pertama , bertanya. Tanyalah kepada diri sobat , apakah selama di SMA , sobat dapat menelan bulat-bulat seluruh pelajaran yang diumpankan sang guru ? Apakah sobat dapat mengingat , dalam setiup ulangan , atau ujian sobat dapat meraih point berapa ? tanyakan pada diri sobat , apakah dengan pemahaman yang sobat punya , nilai-nilai yang sobat dapatkan , sobat dapat mengambil 1 kursi diantara 250 kursi yang diperebutkan oleh 4000 calon mahasiswa diseluruh pelosok tanah air? Faktanya , dilapangan , hampir disetiap jurusan bergengsi , seperti kedokteran , mesin, dan akutansi , peluang untuk mendapatkan kursi itu sangat kecil.
Kedua , jika syarat pertama dapat sobat jawab dengan senyuman pasti. Maka setidaknya sobat sudah memiliki bekal yang cukup. Namun jika belum , jangan berpatah semangat. Sobat belum terlambat untuk belajar. Aku sarankan mengambil beberapa bimbel , jangan terlalu banyak , maksimal 2 tempat bimbel yang berbeda. Berdasarkan pengalamanku , beberapa teman memaksakan 3 tempat bimbel , sehingga kelelahan. Yang perlu diketahui bahwa bimbel hanyalah sarana memperjelas materi diSMA , bimbel bukan tempat belajar materi baru , hanya mengulang materi SMA namun dengan pembahasan soal dan cara menjawab yang efisien.
Ketiga , Tak peduli seberapa banyak kursus/bimbel yang sobat “gagahi” atau berapa banyak buku soal jawap SNMPTN yang menumpuk didalam rak lemari sobat , yang terpenting adalah tekad sobat dalam belajar . Jangan pernah berpikir bimbel/kursus adalah segalanya. Bimbel dan buku hanya sarana , kesuksesan hakiki hanya akan didapat jika sobat memiliki tekad sekuat baja , tekad yang mampu mengusir jauh sang jenuh , tekad yang senantiasa membakar semangat untuk terus belajar.
Keempat, Latihan jawab soal.  Bukan sekedar latihan menjawab soal , ini tentang disiplin dalam latihan jawab soal. Kesuksesan berbanding lurus dengan tekad dan kedisiplinan. Hal pertama yang harus sobat lakukan saat akan melakukan latihan jawab soal adalah menyiapkan sebuah stopwatch dan kursi duduk yang nyaman. Lakukan persis seperti sedang ujian , jangan sekali-kali melihat buku. Batasi sesuai waktu yang diberikan . Jika tidak tahu sama sekali jawabannya jangan melihat kunci jawaban , kerjakan yang dirasa mudah terlebih dahulu. Saat waktu habis , berhenti mengerjakan soal , ambil kunci jawaban , dan cocokkan berapa jawaban benar yang bisa sobat dapatkan. Ini akan melatih sobat dalam kecepatan berfikir, karena waktu pembatas tsbt , dan jelas memberikan gambaran materi apa saja yang masih belum sobat pahami.
Kelima , khusus untuk soal Test potensi akademik , aku sangat menyarankan sobat untuk mempersingkat waktu yang diberikan. Misalnya , TPA terdiri dari 70 soal dan waktu 60 menit . Maka sobat harus memaksakan bisa menjawab seluruhnya dalam 55 menit , dipaksa agar terbiasa berpikir cepat. Soal-soal TPA adalah ladang point diSNMPTN. TPA bukanlah soal mudah , bukan juga soal sulit. TPA adalah tentang cara berpikir dan logika dalam memahami permasalahan yang diberikan. Gudang soal TPA adalah soal-soal Ujian Masuk STAN . Namun soal ini tidak terlalu sesuai dengan soal TPA SNMPTN , soal TPA di USM STAN memiliki standar yang lebih tinggi (my opinion). Jika masih memiliki banyak waktu tidak ada salahnya membahas soal TPA STAN tersebut , karena akan memberikan banyak cara pandang dan logika dalam menghadapi masalah yang diberikan.
Banyak cara yang bisa sobat lakukan agar sukses meraih jurusan yang sobat inginkan. Tapi sobat harus ingat bahwa segala upaya harus disertai dengan doa . Keep ikhtiar my friend , i wish u get what you want  .
 
situs-snmptn.blogspot.com/2012/06/tips-sukses-snmptn.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar