Kamis, 21 Februari 2013

Prospek kerja teknik bioproses

Prospek Kerja Teknologi Bioproses
Teknologi bioproses memiliki kemiripan dengan teknik kimia. Namun, pada prinsipnya ada perbedaan diantara keduanya yaitu dalam penggunaan organisme biologis dalam membuat suatu produk. Prospek kerja untuk seorang lulusan dari teknologi bioproses sangatlah banyak dan luas. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui tentang apa itu teknologi bioproses terlebih dahulu.
Prospek Kerja Teknologi Bioproses
Mungkin sekarang kalian masih bingung bagaimana sih nanti seorang sarjana teknologi bioproses itu bekerja. Berikut ini adalah beberapa alasan dari sisi prospek kerja yang bisa diambil oleh sarjana-sarjana teknologi bioproses pada umumnya :
1. Industri pangan (Food and Beverage)
Yang namanya pangan atau makanan memang selalu menjadi kebutuhan primer manusia. Peran teknologi bioproses di Industri ini bisa sebagai orang yang mengontrol proses produksi pangan tersebut. Contoh industri pangan : PT UNILEVER, KRAFT, DANONE, PT Ajinomoto dan lain sebagainya
2. Industri minuman
Sama seperti pangan, minuman juga merupakan kebutuhan primer dari manusia. Minuman yang diproduksi yang membutuhkan seorang sarjana teknologi bioproses bukanlah minuman yang biasa-biasa. Minuman yang diproduksi biasanya mengandung probiotik yang dapat membuat tubuh manusia yang mengkonsumsinya lebih sehat contohnya seperti yoghurt, susu probiotik, dan minuman probiotik lain. Contoh industri minuman : Cimory, Yakult, dan lain sebagainya.
3. Industri vaksin
Vaksin dibutuhkan untuk memperoleh imunitas dengan cara melemahkan bakteri ataupun virus penyebab penyakit. Di industry vaksin ini, seorang sarjana teknologi bioproses di laboratorium untuk produksi vaksin sebelum diproduksi secara massal, bagian Research and Development, Quality Control, atau sebagai orang yang bertanggung jawab dalam proses pembuatan vaksin secara massal. Contoh industri vaksin : PT Biofarma (satu-satunya di Indonesia)
4. Industri Farmasi
Industri farmasi berkaitan dengan produksi obat-obatan. Seorang sarjana teknologi bioproses memiliki peran yang sama seperti bekerja di industri vaksin. Contoh industry farmasi : PT Bayer, PT Kimia Farma
5. Industri Energi
Cadangan minyak bumi semakin lama semakin menipis. Diprediksikan apabila terus-menerus menggunakan minyak bumi sebagai sumber energi utama untuk melakukan aktivitas sehari-hari maka cadangan minyak bumi akan habis pada tahun 2030. Selain itu, energi yang berasal dari minyak bumi dapat menyebabkan Global Warming akibat dari hasil pembakaran yang terjadi. Oleh karena itu, dibuatlah suatu bentuk energi yang dapat menggantikannya dan lebih ramah lingkungan. Contohnya seperti biodiesel, bioetanol, biopremium, biofuel cell, dan lain sebagainya.
Sekarang ini, mulai banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Minyak dan Gas (Oil and Gas Company) yang mengembangkan sumber energi terbarukan seperti contoh diatas. Perusahaan yang oil and gas yang sekarang juga bergerak untuk memproduksi energi terbarukan adalah seperti British Petroleum, Chevron, Pertamina, dan Sime Darby Energy. Oya, gaji untuk kerja di industri ini lumayan besar lho bisa mencapai $5000/month bahkan bisa lebih. J
6. Industri Biomedical
Industri biomedis adalah aplikasi dari ilmu biologi dibidang medis. Banyak sekali senyawa-senyawa yang berasal dari organisme biologis yang dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan. Seperti kolagen yang digunakan sebagai bahan pembuat tulang buatan dan untuk penutup luka organ bagian dalam. Kemudian ada kitosan yang dapat dijadikan benang operasi . Selain itu, ada aplikasi yang dapat mendeteksi adanya sel kanker. Walaupun aplikasinya sangat banyak dan sangat berpotensi untuk berkembang di masa depan tetapi sayangnya, Industri biomedis di Indonesia masih jarang diketahui. Industri biomedis banyak yang beroperasi di luar negeri.
7. Industri Biomaterial
Industri biomaterial merupakan industry utama untuk produksi bahan-bahan yang digunakan untuk biomedis dan lainnya. Industri biomaterial berfokus untuk memproduksi material yang berasal dari organisme biologis. Di Indonesia, belum ada sama sekali industry biomaterial. Padahal kebutuhan akan biomaterial di Indonesia itu sangat tinggi.
8. Proyek lingkungan
Seorang sarjana teknologi bioproses juga dapat bekerja dibidang lingkungan terutama dalam pengolahan limbah. Pengolahan limbah dilakukan dengan memanfaatkan mikroorganisme yang memiliki potensi untuk remediasi limbah menjadi tidak berbahaya. Pengolahan limbah yang dilakukan sekarang, mulai banyak yang beralih untuk menerapkan bioremediasi. Hal ini disebabkan oleh selain rendahnya modal yang diperlukan juga rendahnya energi yang diperlukan sehingga dapat menghasilkan suatu teknik remediasi yang efektif dan efisien. Kabar baiknya, semua industri yang ada membutuhkan suatu pengolahan limbah yang terpadu. Jadi, peluang kerja di bidang lingkungan ini sangat-sangatlah luas. Jika kalian mau bekerja di bidang ini, coba mulai dari kuliah ikut-ikut organisasi dan kegiatan yang peduli terhadap lingkungan untuk menambah pengetahuan kalian tentang lingkungan.
Membuka Usaha Sendiri : Challenge your Technopreneurship
Oya, seorang lulusan dari teknologi bioproses tidak hanya dipersiapkan untuk memperoleh kerja saja tapi juga dipersiapkan untuk mempekerjakan orang lain. Kembangkan jiwa entrepreneurship kalian, dan bukalah lapangan pekerjaan untuk orang lain. Buatlah suatu usaha atau bisnis yang bergerak disalah bidang yang dicontohkan diatas. Dengan adanya usaha seperti, kalian sudah berusaha untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia.
Seorang lulusan teknologi bioproses telah memiliki kemampuan yang lebih untuk mengembangkan teknologi bioproses di Indonesia. Sayang sekali apabila kemampuan yang kalian dapatkan dipakai untuk memperkaya suatu perusahaan yang merupakan perusahaan dari luar negeri. Yang berarti kalian semakin memperkaya Negara lain sementara Negara Indonesia lagi-lagi hanya dijadikan sebagai konsumen tanpa ad
a kemajuan sama sekali. Jadikan diri kalian sebagai pemimpin sebuah pekerjaan, jangan jadikan kalian sebagai orang yang dipimpin. Janganlah kita bekerja untuk uang, tapi biarkan uang yang bekerja untuk kita. Jadikan Indonesia sebagai Negara yang maju dan berkembang. Salah satunya adalah dengan mengembangkan jiwa entrepreneurship kalian. SDA berasal dari Indonesia, SDM juga dari Indonesia, tapi diproduksi untuk dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar