Kamis, 21 Februari 2013

Apa itu Teknologi Bioproses?

Apa itu Teknologi Bioproses?


Saya sangat bangga karena bisa kuliah di salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Dimana lagi kalau bukan di Universitas Indonesia. UI kampus yang memiliki segudang prestasi, fasilitas, dan pengajaran yang baik. Sebagai angkatan 2008 saya sangat menjunjung tinggi almamater saya.
Biasanya, jika orang menanyakan,“dimana kuliahnya?”
“di Universitas Indonesia”, jawab saya.
“Wow, hebat sekali. masuk jurusan apa disana?”, sahut orang tersebut dengan tampak sedikit terkejut dan terkesan.
Saya pun segera bilang,”di jurusan Teknologi Bioproses”.
“Teknologi Bioproses????? apaan tuh?????”, sahut mereka yang menanyakan dengan muka bingung. (T_Tv)
======
Nah, pertanyaan seperti itu tuh yang sering sekali orang menanyakan. Bukan hanya satu atau dua orang yang menanyakan
“teknologi bioproses???? apaan tuh??? atau jurusan apa itu???? atau belajar apa saja disana???”
Tetapi hampir ratusan (mungkin ribuan atau lebih). Dan ini semua yang dirasakan oleh kebanyakan teman di Teknologi Bioproses.
======
Tenang, disini ada jawabannya. Terserah mau dijawab secara rinci atau tidak yuk disimak saja.

Teknologi Bioproses
Teknologi bioproses adalah teknologi yang berkaitan dengan segala operasi dan proses yang memanfaatkan mikroorganisma baik dalam fasa hidupnya maupun produk-produk enzimnya. Teknologi bioproses merupakan gabungan antara bioteknologi dan teknik kimia.
Seperti yang kita tahu, bioteknologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang rekayasa genetika dan bagaimana cara memanfaatkan mikroba untuk menghasilkan suatu produk. Dalam bioteknologi akan dipelajari tentang mikrobiologi, molekular genetika, dan biokimia. Teknik kimia merupakan salah satu ilmu dalam bidang teknik (engineering) yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk mendesai atau merekayasa suatu proses desain atau kendali untuk bahan-bahan kimia menjadi produk massal. Dengan kata lain, teknik kimia berperan untuk memproduksi suatu produk secara lebih banyak.
Produk-produk hasil penelitian bioteknologi itu sangat banyak dan sangat memiliki manfaat. Namun, semua itu tidak memiliki manfaat apapun apabila tidak dapat digunakan oleh orang banyak. Disinilah peran teknik kimia, dimana digunakan untuk mendesain suatu proses desain dan kendali terhadap produksi hasil penelitian bioteknologi secara massal. Teknologi untuk memproduksi hasil-hasil bioteknologi secara massal inilah yang disebut dengan teknologi bioproses.
untuk informasi tentang bagaimana prospek kerjanya. silahkan klik Prospek Kerja Teknologi Bioproses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar