Jumat, 28 Desember 2012

Tips Singkat dan Ampuh Ketika Menghadapi Soal Tes Potensi Akademik


Tips Singkat dan Ampuh Ketika Menghadapi Soal Tes Potensi Akademik

Tips Singkat dan Ampuh Ketika Menghadapi Soal Tes Potensi Akademik
Soal tes potensi akademik terlihat mudah dan tidak terlalu memebani pikiran. Namun bila diamati, tes yang satu ini bisa menjadi boomerang bagi para pelajar yang serius ingin masuk perguruan tinggi. Mengapa demikian? Soal tersebut sering diacuhkan dan dianggap mudah sehingga mereka salah menjawabnya. Selain acuh tak acuh, waktu pengerjaan yang sedikit, dan tingkat kesulitan soal yang meningkat bisa berpengaruh terhadap benar atau tidaknya jawaban siswa. Padahal, TPA merupakan tolak ukur apakah seorang siswa pantas masuk dan lulus di sistem pembelajaran perguruan tinggi. Jika seorang siswa lulus tes potensi akademik ini, maka bisa dipastikan ia dapat menyelesaikan studi dengan baik di perguruan tinggi tersebut. Nah, lalu bagaimana cara agar kita lolos tes ini?Simak terus artikel ini dan dapatkan tips menghadapi TPA.
Terlambat adalah sumber masalah
Terlambat adalah faktor buruk bagi kegiatan apapun terutama ketika menghadapi Soal tes potensi akademik. Ketika terlambat, Anda akan terburu-buru datang ke kelas, dan biasanya diikuti oleh nafas yang cepat, detak jantung cepat, dan pikiran yang tidak tenang. Untuk berada dalam konsentrasi maksimal, Anda memerlukan waktu bukan? Biasanya orang normal akan membutuhkan waktu antara 10 hingga 15 menit untuk membuat moodnya datang kembali. Jadi, Anda akan membuang waktu 15 menit yang sangat berharga tersebut bukan? Selain itu, kemampuan konsentrasi kita jelas berkurang karena pikiran yang sudah kacau. Pada akhirnya, ada banyak soal yang mendapatkan poin minus dan menyebabkan kita tidak bisa lulus. Oleh karena itu, datanglah 30 menit lebih awal, buatlah mood Anda sebaik mungkin sehingga konsentrasi tetap terjaga hingga soal yang terakhir.
Jangan grogi
Buatlah kepercayaan diri Anda setinggi mungkin, hadirkan mental setenang mungkin, dan jangan terganggu oleh suasana sekitar. Soal tes potensi akademik membutuhkan konsentrasi, dan ketelitian yang tinggi. Jadi, buatlah diri Anda senyaman mungkin dan jangan pedulikan suasana di sekitar Anda. Latihlah konsentrasi Anda untuk tidak KEPO atau mudah terpecah terpecah konsentrasinya apabila ada hal-hal lain yang terjadi di sekitar Anda. Jangan perdulikan orang lain yang menyelesaikan soal terlebih dahulu. Kebanyakan orang melihat di sekitar meraka, apabila banyak yang telah menyelesaikan Soal tes potensi akademik, maka mereka mengerjakan semua soal secepat mobil formula satu. Ingat, jangan terpengaruh dengan apapun di sekitar Anda, fokus pada diri Anda dan manfaatkan waktu dengan baik.
Soal Tes Potensi Akademik
Soal Tes Potensi Akademik
Berlatihlah sesering mungkin
Alah bisa karena biasa, mungkin pepatah itu cocok untuk menggambarkan Soal tes potensi akademikini. Untuk bisa mendapatkan nilai yang baik, jangan berhenti berlatih. Juga, dengan berlatih kita mampu memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi dan pada akhirnya dapat mengerjakan semua soal dengan pikiran yang fokus serta rileks. Ketika semua itu telah terjadi, maka bisa dipastikan Anda lulus menghadapi Soal tes potensi akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar