Jumat, 28 Desember 2012

Bahas Tuntas Mengenai Tes Potensi Akademik Bappenas


Bahas Tuntas Mengenai Tes Potensi Akademik Bappenas

Bahas Tuntas Mengenai Tes Potensi Akademik Bappenas
Tes potensi akademik Bappenas merupakan sebuah tes yang secara khusus digunakan untuk mengetahui serta mengevaluasi kemampan seseorang yang ingin masuk ke dalam jenjang pendidikan selanjutnya, melakukan pendaftaran beasiswa, menjadi pegawai atau karyawan, dan beberapa kategori lainnya. Tes ini merupakan tes yang bisa dilakukan secara berkelompok atau organisasi, dan juga perorangan.
Tes Potensi Akademik Bappenas
Tes Potensi Akademik Bappenas
Anda akan menemukan kategori yang tidak jauh berbeda dengan tes potensi akademik lainnya. Namun, tes potensi akademik bapenas merupakan sebuah tes yang terstandardisasi dan mendapatkan sertifikasi langsung. Selain itu, tes potensi akedemik jenis ini ternyata jauh lebih sulit dibandingkan TPA lainnya. Ada banyak buku yang secara khusus membahas mengeai tes potensi akademik, namun rata-rata kesulitannya masih di bawah TPA Bappenas. Anda harus benar-benar melatih pikiran untuk terus menjawab soal dengan cepat serta benar.
Tes potensi akademik Bappenas merupakan uji kompetensi yang terdiri dari:
ü  Tes kemampuan verbal atau bahasa
ü  Tes kemampuan penalaran atau logika
ü  Dan Tes kemampuan kuatitatif
Secara singkat, setiap tes akan dijabarkan seperti berikut:
Tes kemampuan verbal atau bahasa adalah uji kompetensi pada pembendaharaan kata serta bahasa. Soal tes ini meliputi persamaan, lawan kata, padanan kata, dan berbagai macam analogi verbal.
Tes yang kedua dari kumpulan tes potensi akademik Bappenas ini menguji Anda pada area kemampuan logika dan penalaran. Secara langsung berfokus pada logika formal, analitis, keruangan, dan kelogikaan. Biasanya, soal ini berisi banyak pola gambar yang mengharuskan kita menentukan gambar yang cocok. Soal ini juga termasuk pada soal cerita yang benar-benar menguji kemampuan logika.
Sedangkan soal ketiga merupakan Tes kemampuan Kuantitatif yang berisi soal-soal perhitungan, deret, serta  perbandingan yang melakukan uji kemampuan aritmetika serta aljabar.
Nah, tiga jenis soal di atas akan menguji “nyali” dan kemampuan Anda semua. Seperti yang telah dikatakan pada paragraph sebelumnya bahwa soal tes potensi akademik Bappenas itu jauh lebih sulit daripada latihan-latihan soal yang kita temui di buku, maka Anda harus latihan dengan rutin dan bekerja keras. Juga, perlu dipertimbangkan untuk mengikuti kursus atau pelatihan tes potensi akademik yang secara khusus membahas teknik menjawab soal bappenas.
Mungkin, yang paling sulit adalah tes potensi akademik Bappenas pada bagian kuantitatif. Perlu Anda ketahui bahwa untuk satu soal TPA, kita hanya diberi waktu tidak lebih dari 40 detik. Jika soal-soal kemampuan verbal atau penalaran mungkin tidak ada masalah, namun area kuantitatif selalu membutuhkan waktu untuk berpikir, berhitung, dan sebagainya. Nah, untuk mengatasinya, Anda bisa mulai menghafal bentuk lain dari pecahan, beberapa bilangan perpangkatan, dan perubahan pecahan decimal serta persen. Semua trik itu semata-mata digunakan untuk menghemat waktu Anda. Selamat mengerjakan tes potensi akademik Bappenas dan semoga Anda berhasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar